Kriteria Hewan Qurban
*ONE DAY ONE HADITS*
Rabu, 14 Juli 2021 / 4 Dzulhijjah 1442 H
*Kreteria Hewan Qurban*
عن البراء بن عازب رضي الله عنه قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
أَرْبَعٌ لَا تَجُوزُ فِي الْأَضَاحِيِّ فَقَالَ الْعَوْرَاءُ بَيِّنٌ عَوَرُهَا وَالْمَرِيضَةُ بَيِّنٌ مَرَضُهَا وَالْعَرْجَاءُ بَيِّنٌ ظَلْعُهَا وَالْكَسِيرُ الَّتِي لَا تَنْقَى
Dari al-Barra bin Azib radliyallâhu ‘anh, Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda:
*“Ada empat macam hewan yang tidak sah dijadikan hewan kurban, “yang (matanya) jelas-jelas buta (picek), yang (fisiknya) jelas-jelas dalam keadaan sakit, yang (kakinya) jelas-jelas pincang, dan yang (badannya) kurus lagi tak berlemak.”* (Hadits Hasan Shahih, riwayat al-Tirmidzi: 1417 dan Abu Dawud: 2420)
Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:
1- *Kreteria hewan-hewan qurban harus dalam kondisi sehat dan tidak cacat.*
2- *Ada empat macam hewan yang tidak sah dijadikan hewan kurban*:
a- *Yang (matanya) jelas-jelas buta (picek).*
b- *Yang (fisiknya) jelas-jelas dalam keadaan sakit.*
c- *Yang (kakinya) jelas-jelas pincang.*
d- *Yang (badannya) kurus lagi tak berlemak.*
3- *Cacat yang menyebabkan makruh untuk dijadikan kurban, ada 2:*
– *Sebagian atau keseluruhan telinganya terpotong*
– *Tanduknya pecah atau patah*
(Shahih Fiqih Sunnah, II:373).
*Terdapat hadis yang menyatakan larangan berkurban dengan hewan yang memilki dua cacat, telinga terpotong atau tanduk yang pecah. Namun hadisnya dhaif, sehingga sebagian ulama menggolongkan cacat jenis kedua ini hanya menyebabkan makruh dipakai untuk kurban.* (Syarhul Mumthi’ 7:470).
Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:
- *Kemungkinan besar amal-amal ibadah akan diterima oleh Allah Subhana wa Ta'ala termasuk ibadah qurban bila dipersembahkan kepadaNya dengan yang terbaik sesuai kemampuan.*
وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ ابْنَيْ آدَمَ بِالْحَقِّ إِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ أَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الْآخَرِ قَالَ لَأَقْتُلَنَّكَ ۖ قَالَ إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ
*Dan bacakanlah (wahai Muhammad) kepada mereka kisah (mengenai) dua orang anak Adam (Habil dan Qabil) yang berlaku dengan sebenarnya, iaitu ketika mereka berdua mempersembahkan satu persembahan korban (untuk mendampingkan diri kepada Allah). Lalu diterima korban salah seorang di antaranya (Habil), dan tidak diterima (korban) dari yang lain (Qabil). Berkata (Qabil):" Sesungguhnya aku akan membunuhmu!". (Habil) menjawab: "Sesungguhnya hanyalah yang akan Allah menerima (korban) dari orang-orang yang bertaqwa.*
[Surat Al-Ma'idah 27].
0 Komentar
Post a Comment